Inovasi Seputar Pendidikan

Sukses di Singapura, Bersiap ke Canada

robot1
Written by admin

robot

robot2

 

 

 

SURABAYA – Kemampuan menciptakan robot yang berujung prestasi luar biasa bagi siswa-siswi SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Surabaya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti, siswa sekolah yang berlokasi di Jalan Pucang Anom ini baru saja menuai juara lomba robot bertajuk Singapore Open 2018.

Menariknya gelar juara tersebut menjadi ‘tiket’ mengikuti lomba robot skala dunia, di Kota Montreal Canada, Juli 2018 mendatang. Ini disampaikan penanggung jawab ekstra kurikuler robot SD Mudipat, Endik Setiawan, di laboratorium robot, Senin (30/4/2018).

“Lomba robot internasional ini akan dilangsungkan di Canada, 15-23 Juni 2018. Akan ada ratusan negara mengirimkan delegasinya pada lomba bergengsi ini,” kata Endik.

Kesempatan untuk menorehkan prestasi  internasional benar-benar dimanfaatkan Endik Setiawan untuk melakukan seleksi atas tim-tim yang baru saja mendapat juara di Singapura. Tiap tim beranggotakan lima orang. Tim yang usai bertanding di Singapura akan digodok lagi, ‘dikristalkan’ sebagai perwakilan SD Mudipat dan bahkan Indonesia.

Ada dua kategori yang akan diikuti perwakilan SD Mudipat di Canada, yakni soccer dan rescue. Robot soccer dituntut memasukkan bola sebanyak-banyaknya, sedangkan yang rescue dituntut melalui rintangan dan mengambil bola.

Sekadar diketahui, Robocup Singapore Open 2018 dilaksanakan di Science Center Singapore, 20-22 April 2018. Ada 250 tim menjadi peserta. Ada dari Singapura, China, Korea Selatan, Taiwan dan lainnya.

“Di Singapura, ada empat tim mendapatkan juara. Tim Garuda mendapat juara 2 kategori robot soccer, tim green force juara 1 kategori robot soccer, tim hirobo mendapat juara 2 kategori rescue soccer, dan tim roboku juara 1 kategori rescue junior,” ulas Endik.

M Fairul Ananta, salah satu punggawa tim roboku mengaku melakukan persiapan penuh untuk bisa lolos ke Canada. “Juara di Singapura bisa menjadi salah satu modal,” kata Fairuz. (ano)

About the author

admin

Leave a Comment