Inovasi Seputar Pendidikan

Senam Germas-Gelar Inovasi Warnai Hari Perawat Internasional

SURABAYA – Bertepan dengan hari perawat sedunia, Sabtu (12/5/2018), Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan kegiatan Senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan mendemontrasikan lima inovasi minuman jerbal yang memiliki manfaat sebagai detoksifikasi dalam tubuh.

Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas Tambak Wedi dan Bulak Banteng. Senam Germas yang diikuti oleh warga Tambak Wedi dan Bulak Banteng. Senam Germas ini merupakan salah satu program dari gerakan masyarakat sehat yaitu aktivitas fisik.

Selain itu juga Dosen dan Mahasiswa FIK UMSurabaya ini mendemontrasikan lima inovasi jenis minuman herbal yang bermanfaat bagi tubuh yaitu membunuh racun pada tubuh. Inovasi jenis minuman tersebut adalah yang pertama kunyit. Kunyit ini diekstrak dan diambil ekstraknya untuk dijadijan minuman herbal.

Yang kedua daun mint dijadikan minuman infused water. Ketiga temulawak putih, yang keempat pohon asam. Pohon asam ini dimanfaatkan buah dan daunnya dan djidakan minuman herbal dan yang terkahir kelima Lemon. Lemon ini sama dengan daunt mint yang dijadikan minuman infused water.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Dr Mundakir S. Kep., Ns., M Kep menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan PPKM dan program Sahabat Keluarga (SAGA). “Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Perawat International yang bertepatan pada tanggal 12 Mei 2018 hari ini. Inovasi minuman yang dibuat dan di demonstrasikan ini merupakan inovasi dari mahasiswa dan dosen analis kesehatan,” kata Mun, sapaan Mundakir.

Banyak manfaat dari minuman herbal ini, salah satunya pohon asam yang bisa mengurangi radang dan sakit dipersendian, mengurangi tekanan darah, mengurangi tingkat kolesterol dan masih banyak manfaat yang lainnya. “Harapannya semoga terus bisa berinovasi dan memberikan manfaat buat masyarakat dan keluarga sekitar,” pungkas Mundakir. (ano)

About the author

admin

Leave a Comment